Jumat, 12 April 2019

TUGU MAC ARTHUR JAYAPURA









Sobat Blogger …….
Pada ulasan  kali ini M@s Letterno akan mengulas pengalaman  saat berkunjung  ke Pulau Papua  yang tepatnya di Jaya Pura dimana kami sempat menyambangi Monumen bersejarah kebanggaaan  warga Ifar  Gunung setempat yaitu Monumen ”TUGU MAC ARTHUR “
Tugu Mac Arthur merupakan tugu bersejarah yang terletak di puncak Ifar Gunung dimanaTugu yang berdiri sejak Perang Dunia II ini didirikan oleh pasukan sekutu Amerika yang pada saat itu dipimpin oleh Jendral Mac Arthur.

Sobat Blogger sekalian untuk bisa masuk ke Tugu Mac Arthur ini kita harus melalui jalan sepi dimana disana  termasukkawasan militer daerah pos penjagaan Rindam XVIII/Trikora, tentunya Jika sedang ada kegiatan  latihan menembak para pelajar baik Secata maupun Secaba TNI AD maka saat itu kawasan tersebut untuk sementara tertutup bagi kunjungan pihak  umum dan anda tidak diperkenankan masuk mengunjungi kawasan monumen tugu Mac Arthur tersebut.
Adapun Tujuan didirikannya tugu Mac Arthur ini sebagai pembuktian bahwa tentara sekutu telah mendarat di New Guinea, menguasai Holandia. Hingga saat ini, Tugu Mac Arthur masih terjaga kelestariannya.


Perjalanan menuju tugu Mac Arthur mengbutuhkan waktu sekitar 45 menit dari pusat kota Jayapura. Perjalanan yang kita lalui sangatlah menarik, sebab berkelok-kelok dan mengelilingi laut. Jika Danau Sentani sudah terlihat, tandanya kita sudah berada dekat dengan tugu Mac Arthur yang berada tepat di perbukitan di atas Danau Sentani.
Melingkari Danau Sentani tentunya juga menjadi perjalanan yang sangat menyenangkan. Kita akan melihat pemandangan yang indah dan menawan sepanjang perjalanan.





Perjalananan yang kita lalui cukup mulus, hanya saja jalan yang dilalui tidak begitu lebar, sehingga kita harus berhati-hati jika saja ada kendaraan dari arah sebaliknya juga menggunakan ruas jalan yang sempit ini. Kerumitan jalan yang berkelok-kelok dengan pemandangan indah akan membuat kita menikmati perjalanan dengan kecepatan rendah.

Sekilas, monumen Mac Arthur yang dibangun disini tampak biasa saja. Namun monumen ini mempunyai nilai sejarah yang penting. Monumen ini merupakan simbol peringatan bahwa Jayapura (dulu Hollandia) pernah dikuasai oleh Amerika Serikat di bawah pimpinan Jendral Douglas Mac Arthur dan para sekutunya pada perang dunia kedua.

Saat Perang Dunia II, Jayapura menjadi markas pertahanan Amerika Serikat dan sekutunya untuk menetralisir pertahanan Jepang di Rabaul, Papua Nugini.
Jendral Mac Arthur adalah seorang sosok yang akhirnya kembali berjaya setelah dipecundangi oleh Jepang pada tahun 1941 di Pearl Harbour. Dia pun mundur dari Fillipina, namun atas kekalahannya, beliau mengikrarkan janji yang terkenal hingga kini “I Shall return” yang dalam bahasa Indonesia berarti “Aku akan kembali.”

Ucapannya tak sekedar janji hambar, tapi dia benar-benar kembali dengan strategi perangnya yang kembali membuatnya berjaya dengan nama strategi perang lompat katak.














Biografi Jenderal Douglas MacArthur



Namanya sangat terkenal ketika Perang Dunia II berkecamuk. Dia dikenal sebagai salah satu Jenderal terbaik yang pernah dimiliki oleh Amerika Serikat. Pria yang lahir 26 Januari 1880 dan wafat tanggal 5 April 1964 ini adalah seorang jenderal Amerika Serikat dan Field Marshal angkatan bersenjata Filipina. 

Ia adalah Kepala Staf Angkatan Darat AS pada tahun 1930-an dan kemudian berperan penting dalam Perang Dunia II. Ia ditugaskan untuk memimpin invasi ke Jepang pada November 1945, dan kemudian menerima penyerahan Jepang kepada Sekutu pada 2 September 1945.
MacArthur mengurus pendudukan Jepang dari 1945 sampai 1951 dan dianggap berjasa menerapkan berbagai perubahan demokratis. Ia memimpin tentara PBB di Korea dari 1950–1951 melawan invasi Korea Utara. MacArthur dicabut dari jabatan pemimpin oleh presiden Harry S. Truman pada April 1951 karena menentang kebijakan Truman dalam Perang Korea di depan umum. 

MacArthur bertempur dalam tiga perang besar, Perang Dunia I, Perang Dunia II, dan Perang Korea.
Douglas MacArthur dilahirkan di Little Rock, Arkansas pada 1880 ketika orangtuanya ditugaskan di sana. Ayahnya adalah letnan jendral Arthur MacArthur, Jr., penerima Medal of Honor, dan ibunya Mary Pinkney Hardy MacArthur dari Norfolk, Virginia. Douglas MacArthur adalah cucu dari politikus Arthur MacArthur, Sr. Ia dibaptis di Christ Episcopal Church pada 16 Mei 1880.

Ayah MacArthur ditugaskan di San Antonio, Texas, pada 1893. Di sana, Douglas bersekolah di West Texas Military Academy dan kemudian United States Military Academy di West Point pada 1898. Ia lulus pada 1903 dan diberi gelar “First Captain Of The Corps Of Cadets”. Ia kemudian pergi ke Filipina dan Jepang.


Ia menikah dengan Henrietta Louise Cromwell Brookson pada 14 Februari 1922, dan bercerai pada 1929. Ia kemudian menikah dengan Jean Marie Faircloth pada 30 April 1937 dan dikaruniai satu anak, Arthur, di Manila pada 21 Februari 1938. Nama anaknya Arthur MacArthur IV.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...