Kamis, 16 Oktober 2014

Kemandirian Sektor Energi Sebagai Pilar Pertahanan Indonesia

Sobat Blogger sekalian.....

Perlu kita ketahui bersama bahwa salah satu bidang Pertahanan yang paling penting adalah masalah energy, mengapa demikian...? karena tanpa adanya energi kita semua tidak dapat hidup layak terlebih lagi negara kita yang notabene jumlah penduduk atau rakyatnya yang cukup besar sehingga sangatlah memungkinkan kebutuhan Energi yang cukup besar, namun yang menjadi catatan kita saat ini bahwa  Indonesia masih membutuhkan suplai energy dari Negara lain khususnya Energy dari fosil





Walaupun saat ini negara kita masih mendapatkan suplai energy fosil dari negara lain dalam hal ini kita sebagai bangsa Indonesia janganlah larut dalam situasi seperti sekarang ini, Oleh sebab itu  kita harus bangkit dan percaya diri untuk mewujudkan kemandirian energy nasional. Semua ini bukan tanpa alasan tentunya, sebab sumber-sumber energy fosil kita masih terus dicari untuk menutupi kekurangan saat ini. Selain itu kita juga mengontrol dengan aturan-aturan penggunaan energy tentunya. 
















Kalau kita mau melihat potensi alam di Indonesia yang membentang dari Sabang sampai Marauke, maka akan jelas terungkap bahwa ternyata masih banyak sumber-sumber energy yang belum dimanfaatkan secara optimal seperti Panas Bumi (Geothermal), Air (Hydro), Potensi Matahari (Solar) yang berlimpah di bumi katulistiwa ini serta potensi angin dilokasi-lokasi tertentu yang yermasuk wilayah Republik Indinesia. Jika kita semua mau dan dapat memanfaatkan potensi-potensi tersebut secara maksimal maka tentunya akan sangat dapat menghemat energy fosil kita, dimana potensi-potensi tersebut akan menguatkan kita dalam mendukung kemandirian energy daerah yang secara akumulasi tentunya menjadi kemandirian energy Nasional. 

Unhan yang dalam hal ini sebagai Insan Perguruan Tinggi yang sarat dengan nuansa penelitian dan pertemuan ilmiah, merupakan harapan besar untuk ikut serta berperan aktif dalam mendukung





Kemandirian Energy Nasional,  maka perlu adanya komunikasi ilmiah yang menggambarkan untuk menimplementasikan secara teknis dalam mewujudkan kemandirian energy tersebut seperti diadakannya seminar-seminar yang bersekala Nasionalmaupun Internasional .
Maka dengan demikian sangat pantaslah apabila kegiatan seperti Seminar Pertananan N asional saat ini mengangkat tema " Kemandirian Sektor Energi Sebagai Pilar Pertahanan Indonesia " dimana direncanakan yang bertindak sebagai Keynot Speaker pada acara tersebut adalah Menteri Pertahanan Indonesia Bapak Prof Dr. Purnomo Yusgiantoro namun karena kesibukan beliau yang sangat padat dan saat itu berkenaan harus menghadiri acara bersama Presiden RI di Kawasan IPSC Sentul Bogor maka Beliau dalam hal ini hanya dapat menyempatkan diri untuk Menutup acara Seminar tersebut.







Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...