Minggu, 08 Oktober 2017

KEUNIKAN TUGU "0" KILOMETER SOTA MEROUKE

Sobat Blogger....

Untuk sekian kalinya M@s Letterno mengunjungi daerah-daerah di Nusantara ini teruma khusunya daerah Perbatasan dan daerah yang di lintasi garis Khatulistiwa seperti Kota Sabang, kota Bonjol kabupaten Pasaman, Kepulauan Nias,Mahakam Ulu  Kaltim, Kepulauan Kayoa Halmahera kota Pontianak, Kota Jaya Pura, Kota Kuching dan Serawak atau juga Kota Atambua perbatasan antara Timor Leste dan Negara kita tercinta Republik Indonesia (NKRI)


Tahukah Sobat ternyata selain di kota-kota tersebut, Tugu Nol Kilometer ternyata terdapat juga ada di kota Merauke, yaitu tepatnya di Sota yang berjarak kurang lebih 75 kilometer dari Merauke sendiri dan dapat ditempuh lewat jalan darat tentunya. 


Uniknya Sob.....Tugu ini benar-benar memiliki bentuk serta ciri khas yang sama dengan Tugu Kilometer Nol di Sabang, oleh karena itu sering dikenal sebagai kembaran dari Tugu Kembaran Sabang. 

Jika ingin mengunjungi titik terujung Timur Indonesia, Mas Bro and Sis bisa mendatangi tempat ini namun yg membedakan dengan kota Sabang , sebelum memasuki titik "0" ini M@s Letterno harus and kudu wajib laporan dahulu pada para petugas SATGAS PAMTAS RI-PNG utk mendapat izin melintasi daerah tersebut karena wilayah ini merupakan bagian dari area pengawasan Satgas yg saat ini sdg dijaga oleh Satria2 Prajurit Yonif Linud 503/Mayangkara.




M@s Letterno jadi ingat lagu ‘Dari Sabang Sampai Merauke’ katanya itulah lagu yang melatar belakangi tugu-tugu ini. Info dari Kopral Edi Susdianto sich dulunya, lirik lagu karya R. Surarjo tersebut adalah ‘dari Barat sampai ke Timur’, hingga kemudian Irian Barat bersatu dengan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) hingga liriknya diubah sedikit menjadi ‘Dari Sabang sampai Merauke’. Sebab, daerah paling Barat di Indonesia adalah Sabang, dan paling Timur adalah Merauke.




Selain tugu tersebut Sobat Blogger....disana kita juga bisa melihat keunikan lain yaitu terdapat Rumah Semut bahkan kita disana bisa memegang Rumah Semut dari ukuran kecil hingga ukuran Jumbo bahkan Super Jumbo yg sangat super duper kereeeeeeen........






















Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...