Jumat, 01 Juni 2012

Pelestarian Nilai-Nilai Pancasila dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara di UNHAN

Sobat Blogger....
Tanggal 1 Juni merupakan Hari Lahirnya Pancasila. Tepatnya 67 silam yang lalu Pancasila secara resmi dinyatakan sebagai Dasar dan Ideologi, Falsafah dan Kepribadian Bangsa Negara Kesatuan Republik Indonesia. Unhan yang merupakan salah satu Universitas yang ada di Indonesia ikut tergerak dalam upaya melestarikan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Meskipun dilaksanakan dalam suasana yang sederhana tetapi tidak mengurangi khidmatnya acara tersebut.  Acara peringatan hari Kelahiran Pancasila dilaksanakan dalam suasana yang sederhana tetapi tidak mengurangi makna yang ada. Bertempat di halaman parkir Unhan para generasi muda yang terdiri dari anak-anak sekolah dari SMU 68 dan SMP 216, Kepala Sekolah dan staf pengajar serta para Mahasiswa dan Civitas Akademika Unhan berkumpul menjadi satu untuk mendengarkan pencerahan tentang Pancasila. 



Dalam sambutannya Rektor Unhan Dr. Syarifudin Tippe, M.Si menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada para pembicara yaitu Bapak Ary Ginanjar, Bapak Dharmo Oratmangun dan Bapak Dody Susanto atas kesediaannya untuk meluangkan waktu, tenaga dan pikiran untuk memberikan sumbangsih terbaik dalam penyelenggaraan acara Pelestarian Nilai-Nilai Pancasila. Secara fakta dan empirik, Pancasila telah teruji dari berbagam macam ujian dan cobaan. Ada empat era yang merupakan saksi sejarah   perjalanan Pancasila, yaitu awal Kemerdekaan, era Orde Lama, era Orde Baru, dan era Orde Reformasi. Mengapa Pancasila begitu kuat dan kokoh seolah-olah tak tergoyahkan sedikitpun oleh terpaan badai sebesar apapun ? Apakah karena kandungan nilai yang ada didalamnya sedemikian tinggi dan diimplementasikan secara benar oleh setiap manusia Indonesia secara konsekuen, berlanjut dan berkesinambungan ?   Jawabannya ya benar. Selama  ini Pancasila diimplementasikan secara benar atau belum, kita tidak harus mempersoalkannya. Yang jelas kita harus meyakini bahwa nilai yang dikandungnya adalah benar adanya. Dan karena keyakinan itulah, maka kita terpanggil berkumpul bersama untuk menyegarkan komitmen kita dalam berbangsa dan bernegara yang berlandaskan Pancasila.

Selanjutnya pencerahan tentang Nilai-nilai Pancasila disampaikan oleh tiga orang pembicara yaitu Dr. Dody Sutanto, seorang tokoh intelektual yang paham betul tentang bagaimana sebaiknya membumikan nilai-nilai Pancasila, Dr. Dharmo Oratmangun, tokoh yang bergerak di bidang budaya, yang akan mengantarkan kita masuk ke Pancasila secara emosional serta Dr. Ary Ginanjar, seorang tokoh yang sudah sangat popular dengan ESQnya, akan menuntaskan dengan membawa kita masuk kepada pemahaman tentang nilai-nilai Pancasila secara hakiki dengan ranah emosional sekaligus spiritual.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...