Rabu, 10 Mei 2017

MELEPAS PENAT DI SITU PATENGGANG

Sobat Blogger......
Untuk postingan kali ini M@s Letterno mengangkat topik wisata yg baru saja disatroni saat liburan kemarin yaitu Obyek Wisata kota Ciwidey "SITU PATENGGANG"
Situ Patenggang merupakan salah satu wisata di bandung selatan yang memiliki pemandangan alam yang istimewa yang membuat tempat wisata ini selalu ramai dengan kunjungan para wisatawan lokal maupun asing, bagi warga Priangan pasti sudah tidak asing lagi dengan nama Situ Patenggang terutama bagi para muda mudinya atau para Jajaka Jeung Mojangnya, hal tersebut tak lain karna memang obyek wisata yang satu ini dikenal dengan keindahannya dan juga sebuah mitos yang dipercaya mampu melanggengkan sebuah hubungan, istimewa, ingin tau lebih lanjut seperti apa sejarah dan mitosnya?


Begini ceritanya Sobat......
Situ Patenggang merupakan sebuah nama yang berasal dari Bahasa Sunda yang artinya “SITU” ialah Danau dan "PATENGGANG" / " PATEANG " adalah Saling Mencari, danau yang berada di kawasan ciwedey yang dikelilingi dengan hamparan kebun teh yang membuat danau ini terlihat eksotis dan memanjakan kulit alias rada tariris , wisata situ patengan ini juga cukup dekat dengan wisata kawah putih yang popular di bandung dengan jarak 7 km, jadi kita juga bisa sekaligus menyaksikan indahnya wisata kawah putih yang mampu memikat ratusan wisatawan lokal tiap harinya ....


Berkemah ditengah Indahnya Alam Aktivitas Menarik di situ patenggang Berwisata ke situ patenggang merupakan hal yang mengesankan apalagi jika kita liburan bersama keluarga maupun datang bersama seorang yang special, yach....klo M@s Letterno sih kebetulan datang kesana bersama Neng Sri  kemudian jagoanku Dhimas dan Cintaku Salsabila, selain itu disana kita bisa menyusuri danau menggunakan perahu warna-warni juga merupakan aktivitas popular yang  banyak digandrungi para pengunjung dg harga yang cukup terjangkau dimana klo kita nyewa satu perahu langsung seharga Rp.150.000 atau klo mau lebih hemat lagi bisa juga dihitung perorangan @ Rp.25.000 cuma nyerangnya bareng dgn pengunjung yg lain yah itu sih terserah kita,terus  kita juga bisa menyaksikan indahnya alam yang masih alami dari danau tersebut, bagi kamu yang suka dengan pemandangan hijau bisa juga dengan berjalan-jalan di kebun teh dan temukan sensasi unik yang menyejukkan mata sambil makan di restoran Perahu alias bangunannya berbentuk Perahu yg letaknya diketinggian , bagi yang suka memancing diwisata ini juga tersedia dan yang tidak kalah menariknya dan yang banyak membuat penasaran sih yaitu mengunjungi batu cinta di pulau asmara yang memiliki mitos dan sejarah yang melegenda..

 Lokasi wisata situ patenggang Wisata yang unik ini berlokasi di Ciwidey, Bandung Selatan, Jawa Barat yang bisa dijangkau sekitar 2jam dari pusat kota bandung Akses menuju lokasi batu cinta wisata situ patenggang itu klo lagi lancaaaaar sih karena kemarin kami saat weekend selain pas rame kebetulan baru terjadi kecelakaan Bus pariwisata dari luar kota jadi jalannya oleh Mas Polisi diputerin lewat jalan alternatif yg alhasil perjalanan kesana jadi 4 jam tuh,  Untuk sampai di situ patenggang kita bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun umum, jika menggunakan kendaraan pribadi bisa melalui jalur biasa yaitu Bandung -Kopo-Soreang-Ciwidey-Situ patenggang

Sobat Blogger.......
Sejarah Mitos Situ Patenggang Menurut cerita orang sekitar sana sih, dahulu berawal bahwa situ patenggang ini mengisahkan sebuah cinta antara prabu yaitu Ki santang dan Dewi Rengganis, pasalnya mereka terpisah lama dan saling mencari, dengan kekuatan cinta yang begitu mendalam ahirnya bertemulah di sebuah tempat yang saat ini menjadi obyek wisata yaitu “Batu Cinta” dan pada saat itulah sang dewi meminta dibuatkan sebuah danau dan sebuah perahu untuk berlayar bersama, maka jadilah sebuah pulau yang berbentuk hati , yang saat ini dikenal dengan nama pulau Asmara, karna hal tersebutlah timbul sebuah mitos jika singgah di batu cinta dan mengelilingi pulau asmara maka akan segera menemukan cinta bagi yang jomblo dan mampu melanggengkan sebuah hubungan layaknya cinta mereka.


Konon sih... situ yang airnya berasal dari Sungai Cirengganis ini merupakan kumpulan air mata dari pasangan Dewi Rengganis dan Ki Santang, yang cintanya tak bisa bersatu karena suatu keadaan. Namun, mereka akhirnya bisa kembali bertemu pada sebuah batu setelah sekian lama saling mencari. Batu inilah yang kelak dinamakan Batu Cinta. Mitos pun menyeruak, bagi pasangan yang berkunjung ke batu itu, cinta mereka akan abadi. Nama Patengan pun diduga diambil dari kisah pasangan dalam legenda tersebut, yakni dari kata pateangan-teangan yang dalam bahasa Sunda berarti saling mencari, memang beda sih dengan cerita cintanya M@s Letterno dulu dg mantan kabogoh nggak ada istilah pateang-teangan hehehehheheheh....

Sobat terlepas dari legendanya tadi, Situ Patengan memang memiliki daya tarik tersendiri. Dimana sejauh mata memandang, kita dapat menikmati pemandangan indah berupa hamparan perkebunan teh, pegunungan, perkebunan stroberi yg sekarang lagi ngetrend Strawbery metik sendiri , serta hutan yang mengelilinginya. Suasana terasa semakin nyaman karena kawasan ini berhawa sejuk. Bahkan, setiap harinya nyaris selalu ditandangi kabut klo menjelang sore hari.

Situ Patengan pun menyimpan potensi flora dan fauna. Beberapa flora dan fauna unik dapat ditemui di kawasan ini. Apalagi, Situ Patengan telah menjadi taman wisata sejak tahun 1981 yang sebelumnya merupakan kawasan cagar alam. Pepohonan khas Jawa Barat, sejenis puspa dan saninten, masih banyak ditemukan. Jenis primata langka, surili (Presbytis comata), juga masih kerap terlihat dan terdengar suaranya di hutan sekitar situ. Untuk jenis ikan, situ ini menjadi habitat ikan sejenis nila, mas, dan tawes.

Untuk fasilitas di wisata ini terbilang cukup lengkap karna memang terkelola dengan baik, adapun fasilitas yang tersedia ialah: tempat beribadah, gazebo, penginapan, toilet, took souvenir, rumah makan, perahu untuk menyusuri danau dan masih banyak lainnya.....

Overall...... pokoknamah Edun Suredun alias Top Margotop pisanlah Sobat.....












Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...