Rabu, 08 Oktober 2014

Dampak Buruknya bahasa Gaul bagi Anak

Menyedihkan memang kalau melihat gaya bahasa anak-anak zaman sekarang sudah keluar dari jalur sopan santun, mereka menyebutnya dengan bahasa gaul / bahasa alay.  

Ketika putra putri ayah bunda sudah mulai berinteraksi dengan dunia luar ( teman-teman sekolah maupun teman main dirumah ), maka untuk mengenal bahasa gaul tersebut akan semakin mudah.  

Elo...gue...end.... itulah salah satu bahasa yang biasa diucapkan mereka. 

Padahal kita semua yakin bahwasanya orangtua tidak pernah mengajarkan hal yang demikian.  

Setiap keluar rumah untuk bermain bersama temanya pasti ada satu kosakata baru yang didapat. 'Enggak gitu juga keleessss....'..., wah semakin mengerikan saja. 


Jangan menganggap kosakata yang mereka ucapkan adalah sebuah lelucon dan jangan pernah bangga jika putra putri ayah bunda memiliki bahasa yang seperti itu.  Justru ayah dan bunda harus segera mengambil tindakan agar bahasa alay tidak mem 'booming' di kalangan putra putri anda.

Lalu bagaimana cara agar anak-anak anda tetap mamakai bahasa indonesia dengan baik dan benar?

1. Semuanya dimulai dari lingkungan terutama keluarga. Jika dalam satu keluarga tidak membiasakan kata-kata alay maka sudah bisa dipastikan buah hati kita juga tidak mengenal bahasa alay.

2. Jangan menganggap bahasa alay sebagai bahasa lucu-lucuan.  Bisa dibilang bahasa tersebut adalah bahasa yang keluar dari sopan santun kita sebagai bangsa Indonesia.

3. Jangan pernah membiarkan anak menonton acara televisi yang belum bisa ditonton olehnya, meskipun acara yang dilihat sudah sesuai dengan umurnya alangkah baiknya ayah bunda tetap mendampingi mereka.

4. Jika memang putra putri ayah bunda sudah memiliki sedikit kosa kata alay maka beri pengertian kepada mereka bahwa kata-kata tersebut tidak sopan diucapkan.  Terkadang anak akan lupa dan masih tetap mengulangi mengucapkan kata tersebut, jadi ayah bunda lah yang harus mengingatkan untuk tidak mengulanginya.






Ayah bunda, berilah perhatian kepada buah hati kita. Selamatkanlah mereka para penerus bangsa yang didambakan di masa depan nantinya.











Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...