Selasa, 12 April 2011

Menumbuhkan Semangat Belajar Anak

Mengharapkan anaknya mencapai prestasi belajar yang baik pasti sudah menjadi harapan orang tua. Prestasi tersebut tentunya dapat diraih apabila anak memiliki kemauan dan semangat untuk belajar. Beberapa hal yang mungkin bisa dilakukan oleh orang tua untuk meningkatkan semangat belajar, adalah:

1. Memberikan motivasi. Semakin kuat motivasinya semakin bersemangat pula ia belajar. Karena itu, orang tua hendaknya memberikan motivasi agar dorongan untuk belajar tumbuh dari diri anak sendiri.

2. Menjelaskan tujuan belajar. Tujuan dapat memberi arah yang jelas bagi anak dalam belajar. Dengan tujuan belajar yang di pahaminya, anak dapat lebih tekun belajar.

3. Menjelaskan manfaat belajar. Menjelaskan manfaat belajar dapat dilakukan dengan memberijan contoh nyata dalam kehidupan sehari-hari di sekitar anak. Misalnya, si A yang tadinya pernah tidak naik kelas, akhirnya dapat diterima di sekolah terbaik.


4. Memberi kesempatan belajar. Memberi kesempatan berarti juga tidak mengganggu anak pada saat sedang tekun belajar. Orang tua bisa juga mengajak anak berkunjung ke tempat-tempat yang memberikan suasana belajar, seperti perpustakaan.

5. Menciptakan suasana bersaing. Persaingan bisa dilkukan dengan diri sendiri atau orang lain. Contohnya, orang tua mendorong anak berlomba mengejar prestasi terbaik antara teman-temannya. Prestasi disini tidak melulu berupa angka yang baik, tetapi juga peningkatan-peningkatan yang dicapai.

6. Mencukupi sarana belajar. Dalam memenuhi sarana belajar hendaknya sesuaikan dengan tingkat kebutuhan anak, karena kebutuhan mereka berbeda-beda.

7. Memberikan Contoh. Anak akan lebih bersemangat dalam belajar jika melihat orang tuanya selalu belajar.

8. Memberi hadiah. Anak yang menunjukan prestasi baik dari hasil belajarnya, layak mendapatkan hadiah sebagai bentuk penghargaan atas pencapaian dan usaha yang telah dilaluinya dengan baik. Bentuk hadiah tersebut tidak selalu dengan berupa materi, tetapi juga bisa berupa kasih sayang, pujian, perhatian atau lainnya.

Artikel Terkait 
1.   Tumbuhkan Rasa Disiplinan pada Anak
2.   Anak " NAKAL " Jangan Khawatir
3.   Memacu Motivasi Belajar pada Anak
4.   Bagaimana Agar Anak Tidak Sulit Untuk Diatur

5.   Bagaimana Menghadapi Saat Anak Berbohong
6.   Perilaku Kasar Bisa Menurunkan IQ Anak 
7.   Mengatasi Anak Yang Manja


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...