Kamis, 21 April 2011

Kiat Sukses membangun karir

MEMILIH pekerjaan ibarat mencari soulmate. Perlu kecocokan dan ketertarikan sehingga kita bisa menjalani dengan sepenuh hati. Lantas, bagaimana cara mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan impian?

Apakah Anda merasa seperti ada ketidakcocokan di tempat kerja Anda saat ini? Apakah Anda sering datang ke rumah dengan perasaan stres dan frustasi? Bisa jadi, sebenarnya Anda jenuh dengan pekerjaan tersebut. Kenali tandanya berdasarkan ulasan berikut agar Anda mendapatkan pekerjaan sesuai dengan "passion" yang Anda inginkan.





Pahami aspirasi Anda
Ini adalah poin awal yang harus Anda pelajari sebelum menjalani pekerjaan impian. Swati Salunkhe, konsultan karier mengatakan, "Anda harus memiliki aspirasi yang realistis. Jika Anda ingin menjalani karier dalam manajemen hotel, tetapi Anda tidak siap untuk bekerja selama 14 jam, maka itu bukan impian yang masuk akal. Nilai-nilai seperti itulah yang harus Anda pahami sebelum mengharapkan perusahaan tempat Anda bernaung memberikan manfaat seperti yang Anda harapkan."



Pahami bidang Anda
Jika Anda sedang mencari pekerjaan di bidang IT, Anda pun harus memahami tren IT yang sedang berkembang, kultur industrinya yang sangat berfluktuasi, dan berbagai hal lainnya. Dengan begitu, Anda pun dapat memahami bagaimana peluang Anda dalam mendapatkan pekerjaan yang layak serta potensi kemajuannya di lapangan kelak.



Lakukan analisis SWOT
Anda harus mengetahui kekuatan dan kelemahan dalam konteks pekerjaan yang Anda cari. Setelah Anda memahami hal ini, Anda juga harus bekerja untuk mengubah kelemahan Anda menjadi kekuatan. Pahami juga peluang dan ancaman yang akan menghadang pekerjaan Anda. Setelah selesai, analisis kembali dan lihatlah apakah pekerjaan yang Anda cari tersebut merupakan pekerjaan yang sesungguhnya diinginkan. Kuncinya adalah bersikaplah realistis.

Pilih kualifikasi yang tepat
Anda harus memastikan memiliki kualifikasi yang tepat untuk posisi pekerjaan yang dilamar. Jika Anda menemukan bahwa kualifikasi tertentu dapat memastikan kesuksesan lebih baik dalam karier Anda, maka segera kejar kesempatan tersebut.

Cari tahu perusahaan tersebut
Bila pada akhirnya Anda memutuskan untuk menerima undangan wawancara, pastikan bahwa Anda sudah mengetahui segala sesuatu tentang perusahaan tersebut baik dari sisi keuangan, latar belakang, lingkungan kerja, keamanan kerja, dan cakupan untuk promosi Anda dan kemajuan lebih lanjut di perusahaan.







Fokus
Setelah Anda yakin tentang semua hal di atas, kejarlah pekerjaan impian Anda dengan sikap positif. Tetap fokus pada tujuan dan sasaran, serta membangun hubungan baik dengan kolega Anda. An: da tidak pernah tahu kapan Anda mungkin memerlukan bantuan mereka. "Kesenangan pekerjaan akan menghasilkan kesempurnaan dalam pekerjaan. Jadi pastikan bahwa apa yang Anda lakukan adalah apa yang Anda sukai,"


Artikel Terkait.
1.  Mengatasi Bad Mood di Tempat Kerja
2.  Cara Mengatasi Konflik di Tempat Kerja  
3.  Hari Pertama Masuk Kerja ? Ini Tipsnya agar Sukses 
Sumber : msn.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...