Sabtu, 09 April 2011

Hindari bahaya Pikun Dengan Satu Cangkir Kopi Setiap Hari & Hindari Rokok

Kopi tak hanya bisa bermanfaat untuk mencegah kantuk. Sebuah penelitian membuktikan, kebiasaan meneguk secangkir kopi setiap hari dapat mencegah kepikunan.

Kafein yang terkandung dalam kopi dapat memperbaiki kelainan otak penyebab penyakit alzheimer atau yang lebih dikenal dengan istilah pikun.

Biasanya alzheimer diderita oleh para manula, maka obat-obat yang dipilih pun tak boleh terlalu keras. Oleh karena itu, kafein dianggap zat yang paling aman untuk dikonsumsi oleh para manula.

Menurut penelitian yang dilakukan di Amerika Serikat seperti detikhot kutip dari Female First,  kafein mudah diserap otak dan membetulkan area yang rusak di otak.

Penyebab utama alzheimer adalah penyumbatan suatu protein di otak. Kafein dapat mengencerkan protein yang menyumbat tadi. Sehingga Alzheimer dapat dicegah.

Namun terlalu banyak kafein juga akan berpengaruh pada detak jantung Anda. Sehingga para ahli menganjurkan untuk meneguk satu cangkir kopi hitam setiap hari dan tidak lebih.

                                 Merokok? Hati-hati Pikun!

img
Satu lagi risiko merokok ditemukan. Berdasarkan hasil penelitian, daya ingat seseorang bisa menurun drastis karena kebiasaan merokok.

Data penelitian diambil dari 10.308 orang perokok yang berumur antara 35-55 tahun. Beberapa hasil penelitian menjadi catatan penting bagi Anda yang mempunyai kebiasaan merokok.
 Ada empat catatan penting dari para peneliti. Yang pertama kebiasaan merokok dalam jangka waktu yang panjang dapat mengikis daya ingat seseorang, termasuk juga ingatan mengenai kata-kata (vocab) juga kemamuan berbicara.

Merokok di usia paruh baya akan mempercepat merosotnya daya tahan serta kemampuan tubuh. Selain itu merokok di usia paruh baya juga membuat tubuh rentan terserang berbagai penyakit.

Yang terakhir, kebiasaan merokok dapat menurunkan kemampuan kognitif (berfikir dan menganalisa) serta memperbesar risiko kematian.

Tags : wolipop.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...