Jumat, 07 Agustus 2015

IDU ANNUAL GATHERING


Sobat Blogger.....

Universitas Pertahanan Indonesia (Unhan) atau Indonesia Defense University (IDU) ditetapkan melalui Surat Mendiknas Nomor 29/MPN/OT/2009 tanggal 6 Maret 2009 perihal Pendirian Unhan dan diresmikan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada tanggal 11 maret 2009 di Istana Negara. Unhan merupakan lembaga pendidikan tinggi yang unik karena mengkhususkan diri pada studi pertahanan setingkat S 2. Unhan adalah lembaga pendidikan tinggi terbuka.
Unhan merupakan lembaga pendidikan tinggi yang memberi kesempatan bagi para perwira TNI dan masyarakat untuk belajar dan memperdalam Ilmu Pertahanan dari sudut pandang militer, politik, ekonomi, sosial dan budaya pada tingkat magister/Strata-2. Unhan dicita-citakan menjadi unversitas kelas dunia. Beberapa universitas luar negeri seperti Cranfield University, National Defense University Amerika Serikat, Rajaratnam School of International Studies Singapura dan beberapa universitas di Australia dan Jerman juga turut aktif mendukung pendirian dan berjalannya proses belajar mengajar di Unhan. Kerjasama diberikan dalam bentuk pengiriman tenaga pengajar, kurikulum, beasiswa dan studi banding. Universitas di dalam negeri seperti UI dan ITB juga aktif mendukung Unhan dengan mengirim sejumlah guru besarnya untuk membantu membangun dan menjalankan proses belajar mengajar di Unhan.

VISI
 Menjadi institusi pendidikan tinggi pertahanan terdepan yang berstandar kelas dunia (world class) dengan tetap melestarikan nilai-nilai kebangsaan.

MISI
1. Mendidik calon pimpinan militer dan sipil yang profesional dan memiliki nilai-nilai perjuangan dan kejuangan yang diperoleh secara empiris akademik melalui program pendidikan pascasarjana.
2. Me­ngembangankan ilmu pertahanan sebagai interdisipliner antar berbagai keilmuan guna meningkatkan kemampuan sistem pertahanan negara.
3. Menyelenggarakan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat serta melaksanakan publikasi, konsultansi, dan advokasi berbasis pertahanan negara.
4. Melaksanakan kerja sama dengan berbagai instansi dan perguruan tinggi dalam negeri maupun luar negeri guna peningkatan dan pengembangan keilmuan untuk memperkuat pertahanan negara.

TUJUAN
Tujuan Unhan adalah melaksanakan pembangunan dan pengembangan UNHAN yang berorientasi pada Tridharma perguruan tinggi untuk mencapai standar pendidikan nasional dan universitas berstandar kelas dunia.
Untuk mencapai tujuan tersebut, Unhan berpedoman pada:
a. Tujuan Pendidikan nasional
b. Kaidah, Norma, dan etika Ilmu Pengetahuan
c. Kepentingan masyarakat, dan
d. Minat, Kemampuan, dan Prakasa pribadi










Dalam mengawali rangkaian kegiatan perkuliahaan tahun ajaran 2015/2016 untuk mahasiwa baru Unhan diselenggarakan kegiatan " Outbond dan Matrikulasi Bela Negara Mahasiswa Unhan tahun ajaran  2015/ 2016 yang dilaksanakan di desa Ciburayut Kec.Cijeruk Sukabumi dalam hal ini diharapkan agar Calon Mahasiswa Unhan lebih siap dalam mempelopori dan mengamalkan nilai-nilai Bela Negara, kegiatan ini dilaksanakan selama 2 (dua) hari dengan jumlah peserta 243 orang yang terdiri dari Personel baik dari Institusi TNI maupun Polri , Instansi Swasta, Pemerintahan Daerah maupun masyarakat Umum dan juga terdapat Mahasiswa Asing yang berasal dari Negara Australia. Kegiatan outbond itu sendiri dikemas dalam acara Annual Gathering dimana selain bertujuan untuk membuat suasana akrab, saling mengenal satu dengan yang lainnya dan juga menumbuhkan kekompakan diantara sesama mahasiswa juga pada intinya mempunyai maksud dan tujuan agar supaya tercipta suasana yang harmonis dalam kerjasama, kekompakan, solidaritas dan rasa kekeluargaan antar mahahasiswa dalam civitas akademika Unhan, bahkan diharapkan dengan adanya kegiatan outbond ini membawa kesan yang mendalam bagi mahasiswa Unhan khususnya.
Outbound Training Team Building, latihan dengan games dan kegiatan membantu membangun team, mengembangkan motivasi Mahasiswa, meningkatkan komunikasi yang  menyenangkan - untuk Civitas Akademika maupun para Calon Mahasiswa. Permainan Team Building melalui outbound training , merupakan aktivitas dan games yang dapat meningkatkan pelatihan, dan menghidupkan konferensi Games Team Building Outbound ini, ide-ide dan aturan akan membantu para mahasiswa untuk merancang dan menggunakan permainan dan latihan yang kelak kedepannya akan ditemui dalam iven2 seperti  sesi pelatihan, rapat, lokakarya, seminar atau kegiatan KKDN maupun KKLN selama proses pembelajaran sehingga akan dapat menumbuhkan rasa kebersamaan diantara mahasiswa itu sendiri.
Team Building merupakan faktor penting dalam lingkungan apapun, fokusnya adalah untuk mengkhususkan diri dalam membawa keluar yang terbaik dalam tim untuk memastikan pengembangan diri, komunikasi yang positif, keterampilan kepemimpinan dan kemampuan untuk bekerja sama sebagai sebuah tim untuk memecahkan suatu masalah yang mungkin saja akan terjadi selama mereka menuntut ilmu di Unhan.
Pada umumnya pada lingkungan kampus  cenderung berfokus pada individu dan tujuan pribadi, dengan imbalan pengakuan & singling prestasi individu mahasiswa. "Cara membuat tim belajar yang efektif merupakan tantangan di setiap Universitas " Team building juga dapat merujuk kepada proses pemilihan atau membuat tim belajar mulai sejak dini.


Team Building Training dengan Outbound

Team Building Training dengan Outbound merupakan pelatihan dengan simulasi games di Outdoor dimana dengan pelatihan atau training di outdoor dapat membuat peserta lebih enjoy. Faktor penting dalam membentuk team belajar  yang andal dan kekompakan bukanlah dengan siapa mahasiswa  belajar dan berlatih , tetapi apa yang bisa mahasiswa lakukan guna meningkatkan potensinya sebagai  individu di tampilkan dalam hubungan team sehingga diharapkan mencapai hasil yang lebih maksimal.
Melalui games Team Building Training atau dengan metode Outbound, Para mahasiswa bisa melakukan upaya untuk mengembangkan kreatifitas sesama anggota team yang akan di bentuk ( Team Building ).
Dalam Program Team Building Training pada diri mahasiswa juga akan tumbuhkan jiwa kepemimpinan setiap Individu dalam team sehingga butuhkan lebih dari sekedar kekompakan untuk meningkatkan potensi diri dan team / kelompok untuk membangun team ( team building menjadi lebih solid ).
Team Building Training sudah jadi hal yang pada dasarnya wajib dalam Civitas Akademika karena dalam hal ini di jadikan Indikator Mahasiswa dalam kemampuan belajar dan bekerja secara Team. Training Team Building berisi Games Edukatif seperti , Mouse Trap, Tupai Pemburu, Magic Stick serta aktivitas balap yang bisa jadi langkah yang mengasyikkan untuk belajar dinamika tim. Games ini mampu menerjemahkan posisi tea yang kuat dan bermakna untuk dibawa  kembali pada lingkungan kantor.
Sebenarnya dalam Simulasi Games Team Building yang harus di kerjakan secara bersama bukan oleh Individul saja. Membuat Suatu Team dengan tujuan dan maksud yang sama dalam menuntaskan masalah atau persoalan.

TEAM DEVELOPMENT TRAINING

Merupakan program-program pelatihan yang intensif dalam rangka pengembangan kerjasama kelompok (team work) dengan menggunakan media pembelajaran luar ruang (outdoor) . Dalam program ini akan diterapkan usaha pembelajaran individu sebagai bagian dari suatu team. Peran Team dalam memecahkan masalah (problem solving) dan juga dinamika suatu kelompok kerja.




Tujuan Program
Didalam kegiatan ini tiap kelompok  akan dibekali dengan pengetahuan dan strategi yang berguna khususnya dalam hal:
•Memahami perbedaan dalam kelompok
•Keterbukaan sikap (self-disclosure)
•Memberi dan menerima umpan-balik (feedback)
•Memahami lebih jauh manfaat dan pentingnya bekerja-sama dalam tim
•Mengetahui prinsip kerja Team Work yang Sinergi
•Menjadikan mahasiswa  dalam civitas akademika  lebih siap terhadap perkembangan Proses Pembelajaran















•Mempersiapkan peserta untuk menerapkan asas-asas kerjasama kelompok dan budaya baru (encounter culture) dalam Program Studi masing-masing
•Identifikasi masalah-masalah kerjasama antar-fungsi dan antar-lapisan organisasi serta rencana perbaikannya
•Menetapkan langkah yang tepat untuk mengatasi berbagai situasi sulit dalam team
•Mengetahui faktor-faktor yang perlu dipertimbangkan dan dievaluasi dalam pembentukan Tim yang solid, pemilihan personil dan mengatasi hambatan yang biasanya terjadi dalam Tim
•Mengetahui bagaimana mengevaluasi team performance dan mengarahkan perbaikan-perbaikan guna efisiensi & efektifitas tim selanjutnya
•Komitmen terhadap tujuan tim dengan antusias, saling memberi informasi dan pengalaman

















Manfaat Bagi Civitas Akademika Unhan
Kegiatan Permainan yang diberikan semuanya mengandung manfaat manajerial sehingga akan didapat pengalaman-pengalaman yang berguna dalam roses belajar mengajar  sehari-hari kedepannya seperti :

•Terbentuknya tim belajar yang tangguh dan solid selama menimba ilmu di kampus  guna peningkatan semangat belajar dalam rangka pencapaian visi dan misi Prodi masing-masing.
•Meningkatkan kepekaan mahasiswa  terhadap kebutuhan ilmu sesama dalam proses perkuliahan
•Menumbuhkan sikap saling empathy yang dalam diantara sesama mahasiswa
•Terbentuknya mahasiswa yang disiplin  dalam Prodi guna peningkatan semangat belajar dalam rangka pencapaian tujuan Perkuliahan
•Menjadikan kelompok belajar  dalam Universitas agar lebih siap terhadap perubahan dan perkembangan ilmu guna mencapai Word Class.
•Mempersiapkan peserta untuk menerapkan asas-asas kerjasama kelompok mahasiswa dan budaya baru (encounter culture) dalam Program Studi masing-masing
•Menetapkan langkah yang tepat untuk mengatasi berbagai situasi sulit dalam team
•Mengetahui faktor-faktor yang perlu dipertimbangkan dan dievaluasi dalam pembentukan Tim yang solid, pemilihan personil dan mengatasi hambatan yang biasanya terjadi dalam Tim
•Mengetahui bagaimana mengevaluasi team performance dan mengarahkan perbaikan-perbaikan guna efisiensi & efektifitas tim selanjutnya
•Komitmen terhadap tujuan tim dengan antusias, saling memberi informasi dan pengalaman selama proses belajar mengajar. 





















































































Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...