Selasa, 01 Juli 2014

Kiat untuk Mendapatkan Kata Maaf darinya

Sobat Blogger.....
Dalam Pergaulan kehidupan tentunya kita semua menginginkan berjalan seperti apa yang sudah kita rencanakan dan kita harapkan dan hal demikian biasanya akan membuat kita selalu bersemangat dalam menjalani rutinitas kegiatan sehari-hari, namun adakalaya tanpa kita sadari kita dapat melakukan sesuatu kekeliruan atau kesalahan yang membuat orang disekitar kita merasa tidak nyaman dengan tingkah laku kita maupun tindakan kita dan mungkin hal ini akan berakibat buruknya hubungan antara kita dengan mereka.

Dan sebagai manusia yang normal tentunya berat bagi kita untuk mau meminta dan memberi maaf terhadap orang yang telah berbuat salah kepada kita apalagi sampai mengakibatkan rasa sakit hati yang mendalam, demikian juga dengan orang2 disekeliling kita itu mungkin berat bagi mereka mau memaafkan atas kesalahan yang pernah kita buat terhadapnya, oleh karena demikian tentunya kita tidak dapat memaksa mereka untuk mau memaafkan kita karena hal itu sekiranya sudah menjadi Hak mereka mau memaafkan kesalahan kita apa tidak....

Sehingga kita harus pandai2 untuk merebut hatinya atau bahkan harus merendah dan mengesampingkan rasa Ego kita hanya untuk mendapatkan kata maaf tersebut dan hal itu tidaklah semudah seperti apa yang kita harapkan karena kita sebagai manusia tidak dapat atau tidak tahu isi hati orang lain bahkan keluarga terdekat kita sendiripun kita tidak dapat menebak apakah mereka mau memaafkan kesalahan setelah apa yang telah kita perbuat kepada mereka.
Nah dalam hal ini Sobat Blogger sekalian, mungkin dengan trik2 khusus agar kita lebih mudah mengucap kata maaf......... Mau tahu?

1. Putuskan waktu yang tepat untuk meminta maaf. Terkadang lebih cepat lebih baik, namun terkadang sebaliknya, akan lebih baik meminta maaf ketika perasaan sudah lebih tenang dan kepala sudah dingin.

2. Kalau malu meminta maaf secara langsung, sampaikan maaf lewat tulisan, atau sms. Selain itu, Anda juga dapat mengutarakan isi hati Anda dengan berbagai cara. Lewat menulis surat dan meletakkannya di atas meja kerja. Atau jika ingin membuatnya tersenyum, Anda dapat menulis permohonan maaf Anda dalam sebuah kartu bergambar lucu. Di samping itu, katakan juga padanya bahwa Anda takkan mengulangi kesalahan itu.

3. Jangan gunakan kalimat yang memperlihatkan bahwa sebenarnya Anda tidak menyesal. Misalnya, “Saya mengaku salah, tapi….”

4. Meminta maaflah dengan sungguh-sungguh, akui benar kesalahan. Jangan cari pembenaran akan tindakan Anda.

5. Tunjukkan bahwa permintaan maaf Anda tulus, dan keinginan Anda untuk memperbaiki hubungan memang kuat.

6. Yang terakhir, sabarlah. Tidak semua permintaan maaf akan langsung diterima. Berilah waktu baginya untuk memberi maaf.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...