Senin, 23 Desember 2013

Rahasia yang Tersibak Disudut Sea World


Indonesia merupakan negara kepulauan dengan lebih 17.504 pulau tersebar dari Sabang di Sumatra hingga Merauke di Papua. Rentang garis pantai terbujur sepanjang 81.290 km dan luas lautan 5.800.000 km persegi menjadikan Indonesia sebagai negara maritim. Luas lautan tersebut dua pertiga luas negara kepuluan Indonesia. Dengan itu, sangat banyak dan beragamlah biota laut di seluruh perairan Indonesia. Mulai dari Taman Laut di Aceh hingga Raja Ampat di Papua. Untuk memperkenalkan biota laut di seluruh indonesia, dibuatlah Taman Biota Laut SeaWorld Indonesia.
 
Seaworld Indonesia terletak di Taman Impian Jaya Ancol (Ancol Dreamland) dengan menempati area seluas tiga hektar. Adapun bangunan utama Seaworld Indonesia luasnya 4500 meter persegi. Pembangunan Seaworld Indonesia dimulai pada 2 Oktober 1980 dan resmi dibuka untuk umum pada 3 Juni 1982.
Seaworld Indonesia merupakan akuarium air laut terbesar di Asia Tenggara. Wahana di Seaworld berupa akuarium raksasa air tawar, akuarium raksasa air laut, lorong bawah laut antasena, perpustakaan, toko souvenir, dan display dengan tekbologi layar sentuh berisi informasi lengkap semua satwa dan spesies di Seaworld Indonesia. Sea World Indonesia cukup bersih dan dilengkapi dengan AC, petugas kebersihan, beberapa Café di mana Anda bisa minum atau makan siang dengan berbagai menu.
 

Dalam usaha memperkenalkan kehidupan biota yang hidup di alam,SeaWorld Indonesia hingga kini memiliki berbagai koleksi mulai dari biota perairan tawar, terdiri dari 22.000 ekor ikan (126 Jenis), 28 reptil (5 jenis) sampai biota perairan laut yang terdiri dari 5180 ekor ikan (26 jenis), 79 avertebrata (13 jenis), 30 reptil (5 jenis) dan 1 mamalia.

 

 

Pembagian Ruang dalam Seaworld

Seaworld dikelompokkan menjadi beberapa kawasan untuk memandu wisatawan yang berkunjung. Area tersebut adalah sebagai berikut:
Akuarium utama memelihara ribuan satwa laut Indonesia. Sebanyak 3500 spesies ikan laut Indonesia dipelihara disini (jumlah ini merupakan 37% dari jumlah jenis spesies ikan laut di dunia).
Ukuran akuarium ini mencapai 36 x 24 m, dan dalamnya bervariasi dari 4.5 hingga 6 m dan menyimpan 5 juta liter air asin. Karena besarnya akuarium utama ini tercatat sebagai akuarium air asin terbesar di Asia tenggara.
 
Area Air Tawar dilengkapi dengan koleksi satwa air tawar dari seluruh dunia, termasuk diantaranya piranha dan Arapaima gigans dari sungai Amazon dan belut listrik. Tempat lain yang juga mengoleksi Arapaima Gigans adalah Taman Satwa Taru Jurug kebun binatang di Solo/Surakarta.

Lorong Antasena adalah lorong bawah air sepanjang 80m. Anda tak perlu berjalan untuk melihat-lihat isi akuarium karena lorong antasena sudah dilengkapi alat otomatis semacam eskalator. Tangga berjalan ini dioperasikan dengan pinjakan berjalan otomatis. Lorong Antasena menggunakan kubah tembus pandang sehingga anda bisa melihat pemandangan “bawah laut” tanpa harus khawatir tersandung saat menengadah keatas untuk melihat ikan.

Aquarium Dugong dan Akuarium ekosistem laut yang berisi koral dan sponge yang memperlihatkan keindahan biota dalam laut.
Wahana SeaWorld Indonesia hadir dalam satu kawasan yang lengkap untuk memberikan hiburan, pendidikan dan nilai sejarah yang akan selalu diingat. SeaWorld Indonesia dalam operasionalnya mengemban 3 misi besar yaitu: Pendidikan, Konservasi dan Hiburan. Melalui misi ini SeaWorld Indonesia menempatkan dirinya sebagai tempat hiburan berkualitas.

Program CSR Seaworld Indonesia

Sebagai salah satu tempat wisata favorit di Jakarta, Seaworld juga memiliki fungsi lain sebagi berikut:
  1. Konservasi Penyu. Penyu yang dibesarkan di Seaworld Indonesia, dengan tujuan pendidikan, secara berkesinambungan dilepaskan kembali ke habitat mereka
  2. Belajar di Seaworld. Program ini diperuntukkan kalangan pelajar SD hingga SMA. Dengan belajar di Seaworld, siswa atau guru diajak melakukan pengamatan ekosistem air pada ex situ dan pengelolaan lebih dari 500 biota, yang terbagi menjadi 350 spesies.
  3. Program Jangkauan Keluar. Seaworld seacar aktif mendatangi sekolah sekolah untuk membantu mendidik anak agar lebih peduli tentang dunia laut. Tujuan program ini adalah [1] untuk merangsang keingintahuan dan kecintaan murid pada kehidupan laut dan usaha usaha pelestariannya. Dan [2] untuk mengajak murid melakukan permainan interaktif, presentasi, tanya jawab kuis dan aktivitas lain yang mendidik.
  4. Progam khusus Si Woli. Setiap anak dapat menjadi anggota dari klub ini dengan membayar iuran tahunan sebesar Rp.10,000,- untuk bergabung dengan Klub Si Woli. Di kelompok ini, anak anak diajak berjalan jalan dengan tujuan berlayar di laut atau menjelajahi hutan. Perjalanan ini dimaksudkan agar anak anak tetap dekat dengan alam dan pembelajaran untuk menemukan hal hal baru.

Harga Tiket Masuk Seaworld Indonesia dan jam Buka

Sebagai tempat wisata, Seaworld Indonesia terbuka untuk umum dan buka setiap hari dari jam 09:00-18:00. Harga tiket masuk Rp.50,000/orang (Senin-Jumat] dan Rp. 80.000,-(sabtu/Ahad/hari libur). Sebagai informasi, anak berusai  dua tahun  ke atas berlaku harga normal..
Dari Seaworld Indonesia Anda bisa mengunjungi atau menikmati atraksi lain dekat dengan seperti pertunjukan lumba-lumba, pertunjukan kuda nil, pertunjukan burung, kunjungi akuarium air tawar atau World kunjungan Fantasi.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...