Jumat, 07 September 2012

WISUDA PASCASARJANA UNHAN




Sejak diresmikan Presiden RI Dr. Susilo Bambang Yudhoyono tanggal 11 Maret 2009, Universitas Pertahanan Indonesia (Unhan) sudah banyak menghasilkan Sarjana Strata 2. Semakin tahun Unhan terus berkembang untuk menjawab segala tantangan di bidang pertahanan. Hingga saat ini Unhan sudah memiliki 7 (tujuh) Program Studi dengan berbagai macam disiplin ilmu. Untuk kesekian kalinya, Unhan melaksanakan wisuda pascasarjana  Prodi Perang Semesta Cohort 3 dan Prodi Ekonomi Pertahanan Cohort 2. Walaupun dilaksanakan secara sederhana tetapi tidak mengurangi makna acara tersebut yang bertempat di gedung Piere Tendean Lantai 8 Kemhan, Jakarta Pusat, Jumat (7/9).



Dalam laporannya Rektor Unhan Dr. Syarifudin Tippe, M.Si menyampaikan bahwa pelaksanaan wisuda pascasarjana mahasiswa Unhan TA. 2011/2012  Prodi  Perang Semesta sebanyak 30 orang dan Prodi Ekonomi Pertahanan 1 orang yang terdiri dari TNI 24 orang dan Sipil 7 orang.  Sedangkan  lulusan  IPK  tertinggi  dari  wisudawan  Prodi Strategi Pertahanan yaitu Kolonel Inf Heronimus Guru dengan IPK 3,73     sedangkan Tesis terbaik diraih oleh Kolonel Kav Lasmono yang mendapatkan tropi Yudha Buana Sastra. Selanjutnya dalam kesempatan ini juga akan dilaksanakan orasi ilmiah dengan judul : Keamanan Maritim oleh Prof Dorodjatun Kuntjorojakti, Ph.D. Saya mengucapkan terima kasih atas pencurahan waktu, tenaga dan pikiran yang telah diberikan oleh Profesor untuk orasi ilmiah ini. Saya berharap orasi ilmiah ini akan memberikan semangat, motivasi dan pencerahan, bagi para wisudawan khususnya dan bagi kita semuanya pada umumnya.

Untuk memberikan gambaran perkembangan selama 3 tahun terakhir penyelenggaraan pendidikan tinggi di Unhan, dapat saya sampaikan bahwa sejak berdirinya dan mulai operasionalnya penyelenggaraan pendidikan, Unhan sudah melahirkan sebanyak 159 lulusan dari total keseluruhan mahasiswa sebanyak 399 orang, dengan komposisi dari kalangan TNI sebanyak 187 orang, Sipil 210 orang dan warga negara asing  2 orang. Dengan demikian sampai hari ini tinggal 240 mahasiswa yang sedang menempuh proses pembelajaran, yang insya Allah kurun waktu satu sampai satu setengah tahun jika memenuhi syarat akan segera menyelesaikan pendidikannya. Dari awal berdiri sampai dengan sekarang, penyelenggaraan pendidikan di Unhan senantiasa komit pada visi, misi yang telah ditetapkan dan hal ini sejalan dengan arahan Presiden RI pada Rakortas tanggal 9 Agustus silam di Mabes TNI Cilangkap. Dimana terdapat dua penekanan yang substansi terkait dengan penyelenggaraan pendidikan di Unhan, yaitu pertama adalah kultur akademik dan kedua World Class University. Demikian Rektor Unhan mengakhiri sambutannya.


Selanjutnya Menteri Pertahanan RI Purnomo Yusgiantoro menyampaikan bahwa sebagai alumni Unhan, ibarat berlian yang sudah dimurnikan dari bongkahan batu cadas yang semula tak berharga, ibarat lempengan besi yang kini menjadi keris bertuah, karena sudah ditempa dan diasah. Apakah kalian mampu seperti itu,  saya harapkan kalian bisa karena kalian adalah kader bangsa yang memiliki keunggulan salah satu elemen dari sumber daya manusia pertahanan. Sebagai Magister dibidang Pertahanan Negara yang telah diasah dan ditempa di kawah chandradimuka Universitas Pertahanan, kalian adalah kader bangsa yang harus berfikir dan mencurahkan perhatian kepada persoalan-persoalan Pertahanan Negara. Sebagaimana diketahui bahwa era globalisasi abad ke-21 yang sarat dengan perubahan dan ketidak pastian berimplikasi terhadap adanya perubahan geopolitik dan geo ekonomi global yang cukup signifikan. Perubahan-perubahan tersebut pada gilirannya baik secara langsung maupun tidak langsung berpengaruh terhadap penentuan kebijakan Pertahanan Negara. Untuk itu pemikiran yang inovatif dan komprehensif sangat diperlukan guna menghitung berbagai resiko dalam pergulatan Pertahanan Negara di tengah gelombang globalisasi dan transparansi yang semakinmendorong bangsa kita untuk lebih dewasa dan mampu bertahan sebagai bangsa dan negara yang memiliki kedaulatan, martabat dan semakin beradab dengan kemandiriannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...