Jumat, 28 September 2012

IKAHAN - UNHAN ( REGIONAL SECURITY SEMINAR)





UNHAN telah menjalin hubungan profesional yang substansial dengan Australia melalui hubungan kerja dengan Australian Defence College (ADC) dan lembaga-lembaga pendidikan lainnya.  UNHAN dan ADC saat ini telah merampungkan suatu Kerangka Perjanjian Kerja Sama, yang akan membantu meresmikan kemitraan kooperatif ini.  Terlihat pada kenyataannya, beberapa staf di UNHAN adalah lulusan kursus-kursus ADC dan tahun ini Australia merasa senang bahwa seorang siswanya menuntut ilmu di UNHAN pada penerimaan siswa asing yang perdana.  Australia telah menyediakan peralatan teknologi informasi guna membantu mendukung infrastruktur teknologi informasi UNHAN, Laboratorium Bahasa Inggris untuk membantu para siswa UNHAN mengembangkan keterampilan bahasa Inggris mereka dan kerja sama tentang pengembangan kursus.  Awal tahun2012 kemarin , Rektor UNHAN Letjen TNI (Purn) Syarifudin Tippe, M. Si dan sejumlah delegasi berkunjung ke Australia untuk membicarakan Kerangka tersebut dengan rekan kerjanya dari ADC, MAJGEN Craig Orme, dan juga menjajaki kesempatan-kesempatan untuk meningkatkan kerja sama akademis dengan Universitas-Universitas Australia, termasuk bersama dua anggota IKAHAN – Profesor Peter Leahy (mantan KASAD Australia) dari Universitas Canberra dan Profesor Alan Dupont dari Universitas New South Wales. 
Penandatanganan MoU tersebut dilakukan di bawah udara yang cerah dan cuaca yang hangat, dengan semilir angin utara yang lembut mengibarkan bendera Australia dan Indonesia yang dengan bangga berkibar tegak di depan sebuah C-130H RAAF. Di antara para pengamat yang penuh minat terlihat sejumlah personel dari pangkalan udara RAAF Darwin, perwakilan media setempat dan asing, serta delegasi tingkat tinggi dari kedua negara yang melakukan perjalanan jarak jauh ke Darwin untuk secara resmi menyaksikan upacara penandatanganan tersebut. Para pengamat Indonesia yang turut hadir termasuk Menteri Pertahanan, Prof. Ir. Purnomo Yusgiantoro, Panglima TNI, Laksamana TNI Agus Suhartono, dan Kepala Staf Angkatan Udara, Marsekal TNI Imam Sufaat. Delegasi Australia termasuk Menteri Pertahanan, YM. Stephen Smith MP, Menteri Materiel Pertahanan, YM Jason Clare MP, dan Komandan Udara Australia, Marsda Mel Hupfeld.

Regional Security Seminar atau Seminar Keamanan Kawasan yang diselenggarakan bersama untuk kedua kalinya oleh IKAHAN dan Universitas Pertahanan Indonesia (UNHAN) diselenggarakan di Jakarta pada tanggal 27 September 2012 bertempat di Hotel Four Seasions Kuningan Jakarta Selatan.  Seminar tersebut kali ini bertema
“ The Asian Century-Great Power Relations In Our Shared Region” dimana terdiri dari dua sesi utama, yang pertama tentang Keamanan Maritim dan yang kedua tentang Operasi Penjaga Perdamaian.
Seminar dibuka oleh Rektor UNHAN, LETJEN (Purn) Dr. Syarifudin Tippe, M. Si   yang memberikan pidato di Seminar tersebut.  Keduanya mengakui pentingnya penyelenggaraan seminar-seminar seperti ini untuk memungkinkan pertukaran gagasan dengan bebas tentang masalah-masalah keamanan kawasan yang menjadi kepentingan bersama Australia dan Indonesia. 
Pembicara tamu dari Australia pada Seminar tersebut termasuk Profesor Alan Dupont dari Universitas Sydney (juga mantan pejabat di Kedutaan Besar Australia dan anggota IKAHAN) dan  sementara pembicara utama dari UNHAN adalah MAYJEN TNI(Mar) Ir. Syaiful Anwar, M.Bus., M.A Wakil Rektor II Universitas Pertahanan Indonesia yang materi yang disajiakan pada saat seminat tersebut adalah " THE DEFENCE COOPERATION OF ASEAN AND THE GREAT POWERS  " yang dalam Scupnya adalah:

1.  THE EXISTING CONDITION OF DEFENCE COOPERATION OF ASEAN
2.  STRATEGIC ENVIRONMENT IN THE EAST ASIAN REGION
3.  RIVALRY AMONG GREAT POWERS
4. OPPORTUNITIES FOR DEFENCE COOPERATION IN THE REGION

Seminar tersebut dihadiri oleh lebih dari 100 peserta dari MABES TNI, TNI AD, TNI AU, TNI AL, staf LEMHANNAS, staf UNHAN dan mahasiswa, termasuk anggota IKAHAN.  Diskusi berlangsung dengan interaktif dan semua peserta menikmati pertukaran pandangan secara terbuka tentang berbagai topik dalam tema-tema utama Keamanan Maritim dan Operasi Penjaga Perdamaian.  Yang menarik dalam seminar tersebut adalah presentasi yang diberikan oleh MAYJEN Anwar tentang keamanan maritim, termasuk kemajuan-kemajuan yang telah dicapai pada tahun ini tentang masalah-masalah keamanan maritim melalui badan-badan ASEAN – dimana Indonesia adalah Ketua ASEAN pada 2012.


Seminar ini akan menjadi kegiatan tahunan yang akan diselenggarakan oleh IKAHAN dan walaupun temanya akan berubah-ubah setiap tahunnya, diharapkan bahwa setiap Seminar akan berfokus pada masalah keamanan kawasan yang menjadi kepentingan seluruh anggota IKAHAN.  IKAHAN mengucapkan terima kasih kepada para pembicara tamu dan semua yang telah berpartisipasi dalam Seminar.  Akhirnya IKAHAN mengucapkan terima kasih kepada UNHAN atas bantuannya dalam penyelenggaraan dan pelaksanaan Seminar ini.  Salinan presentasi akan tersedia di situs web IKAHAN. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...