Kamis, 28 Juni 2012

Mengatasi "Bad Mood" Bahkan "Bad Apple" Yang Terjadi Pada Kelompok


Bayangkan situasi ini: mood hampir semua anggota tim tiba-tiba berubah. Sikap Anggota terhadap diri Anda maupun terhadap sesama rekan kelompoknya berbeda dari biasanya. Mendadak saja semua orang nampak sensi dan penuh kecurigaan. Muncul argumen mengenai hal-hal yang telah Anda putuskan sebelumnya. Seakan-akan dalam semalam ada yang menghembuskan angin perubahan yang alih-alih membawa hal baik, justru memberikan hal yang negatif. Dalam kelompok yang Anda pimpin langsung , terlebih lagi tidak terlalu besar, perubahan ini bisa nampak jelas di mata Anda. Namun setelah Anda teliti, anehnya tidak ada perubahan drastis atau pengambilan keputusan yang Anda lakukan baru-baru ini. Lalu ada apa sebenarnya?

Pernahkah Anda mendengar tentang bad apple atau apel busuk yang memberikan pengaruh pada orang sekitarnya? Mungkin hal inilah yang sedang dialami kelompok Anda. Selain perubahan temperatur suasana TUGAS, gejala lain yang mungkin timbul adalah kelompok seperti terbagi jadi beberapa kubu, banyak keluhan ditujukan pada Anda, peraturan Institusi yang pelaksanaannya makin longgar dan komunikasi tidak berjalan lancar.
Jangan pernah meremehkan pengaruh buruk walaupun hanya dari satu orang saja. Personel yang memiliki masalah dengan kebiasaan dan sikapnya yang pada akhirnya akan memberikan vibe buruk bisa menghambat komunikasi, membuat hubungan antar personel jadi tak menyenangkan dan merusak produktifitas orang orang disekitarnya. Lebih buruk lagi, bisa saja mempengaruhi produktifitas kelompok.
Beberapa hal yang bisa memberikan inspirasi bagi Anda saat mencurigai adanya sebuah bad apple dalam kelompok Anda adalah:
  1. Temukan si biang masalah.
    Biasanya tidak terlalu sulit menemukan si bad apple ini. Ciri-ciri yang paling mudah dikenali adalah : selalu mengeluh setiap kali melakukan pekerjaannya, sering memberikan komentar yang merendahkan orang lain, suka memberikan kritik yang tidak membangun, namun tidak bisa memberikan solusi. Intinya, tidak ada anggota kelompok yang merasa nyaman berada atau bekerja didekatnya.

  2. Turun tangan langsung.
    Masalah ini harus diatasi oleh Anda sendiri sebagai orang yang memimpin kelompok. Jangan berpikir untuk memberikan solusi sementara seperti memindahkan yang bersangkutan ke bagian atau kelompok lain dengan harapan rekan kerja dan job desc baru akan mengubahnya. Alih-alih berubah, bukan tak mungkin anggota ini malah ‘mencemari’ lingkungan lain.

  3. Atasi masalah langsung ke sumbernya.
    Sampaikan kepada anggota yang bersangkutan bahwa Anda sudah sekian lama memperhatikan dan mengevaluasi perilaku serta kompetensinya dalam melaksanakan kewajiban. Dengan jujur beberkan masalah yang ada, perilakunya, dan dampaknya bagi kelompok dan Satuan. Dengan tegas sampaikan bahwa Anda sebagai pemimpinnya ingin anggota tersebut segera berubah, beri tenggat dan tanyakan bagaimana ia akan mengubah perilakunya yang poisonous itu. Letakkan tanggung jawab untuk berubah di tangan anggota tersebut. Yang harus melakukan perubahan adalah dirinya, bukan satuan, bukan rekan-rekan kelompoknya dan bukan pemimpinnya. Perhatikan bahwa biasanya anggota ini akan bersikap defensive, menganggap Anda menuduhnya atau melemparkan alasan lain untuk menghindari tanggung jawab. Disinilah keterampilan persuasif Anda berperan.( Baca " Kepemimpinan Yang Sejati " )

  4. Jangan segan untuk melepasnya.
    Jika anggota tersebut tidak bersedia bertanggung jawab mengubah perilakunya atau tidak ada perubahan yang berarti setelah beberapa waktu, jangan ragu untuk melepasnya. Tidak ada gunanya menghabiskan tenaga, waktu dan pikiran untuk mendidik satu orang berperilaku buruk jika individunya sendiri tidak merasa perlu atau bersedia untuk berubah. Terlebih lagi jika perilakunya sudah memberikan pengaruh buruk bagi tim. Daripada kehilangan produktifitas dan performa Tugas satu kelompok, lebih baik Anda ‘membiarkan’ si pembuat onar pergi dari kelompok Anda. Dan yang perlu diingat sebelum yang bersangkutan pergi adalah...................................................... segera lambaikan tangan ansa seraya berkata.......

          *****00000  By By Selamat Jalan and Titi DJ 00000******

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...