Rabu, 25 April 2012

Kharisma & Tampil Cemerlang

Sobat Blogger sekalian kemarin Mr.Letterno Ngabulatuk mendapat kiriman email  dari seseorang yang telah lama menjadi IDOLA dan setelah membacanya Mr. Letterno Ngabulatuk merasa sayang apabila Informasi ini tidak disebarkan buat semua rekan-rekan Blogger sekalian dan mudah-mudahan intisari dari tulisan ini bermanfaat bagi kita semua.

Dalam kehidupan kita sehari-hari, baik itu di kantor, di komunitas. Sering kita temui ada seseorang yang selalu tampil penuh pesona, berkharisma dan enak sekali diajak bicara.

Kenapa mereka bisa tampil begitu berKARISMA ? Karena sebagai seorang Karyawan, tentu kita punya keinginan bisa tampil berKARISMA seperti itu supaya kita bisa tampil PD dan terjalin TRUST dari Kolega-bisnis, Atasan dan Partner Kerja.
Apa itu KARISMA ? Karisma adalah pribadi yang dapat memBERI PENGARUH, keKUATan dan WEWENANG kepada orang lain. Bagaimana membentuk KARISMA ? Karisma itu dibentuk dari pengembangan Kecerdasan SPIRITUAL (SQ) dan Kecerdasan EMOSIONAL (EQ) à ESQ
Ada 6 langkah sederhana yang dapat membentuk kita menjadi Karyawan yang berKARISMA :

1. HUMBLE. Mari kita selalu bersikap RENDAH-HATI. Jauhkan ego menonjolkan diri, sikap rendah hati akan membuat Kolega, Atasan dan Rekan kerja itu NYAMAN.

Sering kali kita saat bersilaturahmi/kumpul-kumpul, terjebak menceritakan keHEBATan diri kita dimasa lalu untuk :
- meningkatkan PD
- mempercepat upaya meraih TRUST atau LEGIMITASI.

Namun sering kali hasilnya berbalik 180 derajat, suasana jadi tawar/dingin, mereka jadi kurang respek dan menjauh (padahal tujuan Silaturahmi dan kumpul-kumpul adalah untuk saling mengakrabkan)

2. Menjadi KOMUNIKATOR yang handal. Menjadi Karyawan yang berkarisma harus skill berTANYA dan menDENGARKANkan. Mendengarkan untuk MEMAHAMI dan menggali Info dan mendorong mereka bercerita tentang NEED & WANT'nya. Kebanyakan kita terjebak, mendengar untuk menjawab/counter-attack sehingga kita akan mendominasi pembicaraan.

Berikan perhatian secara personal, dengan mau menDENGAR dan memahami, ini akan membuat diri kita tampil sebagai Karyawan yang ASERTIF dan KOMUNIKATOR yang handal.

3. Berbusana yang RAPI dan WAJAR. Semua orang pasti suka melihat sesuatu yang enak dilihat, demikian pula dengan Atasan, Kolega-bisnis dan teman-kerja. Berbusana rapi akan membuat citra-diri kita mapan dan dapat diandalkan.

4. Think, Talk & Act With Enthusiasm. Berpikir, berkata dan bertindak dengan penuh anthusias. Sikap Anthusiasme kita itu dapat menyebar/menular, sehingga mereka akan semakin TRUST kepada kita.

5. berWAWASAN. Sebagai Karyawan kita wajib mempunyai wawasan yang luas, baik dalam industri/bisnis yang kita jalani maupun bisnis lainnya. Hal ini perlu kita kuasai, karena seringkali kita mengalami masa saat Atasan kita sedang "mati-gaya" sehingga secara tak sengaja mereka sering mencari ide/info kepada kita sebagai kita.

WAWASAN kita akan menentukan KUALITAS JAWABan kita, kualitas jawaban kita menentukan dalamnya kePERCAYAan mereka kepada kita.

6. Berani mengAMBIL TANGGUNG-JAWAB dengan resiko yang sudah diperhitungkan matang. Sikap berani mengambil tanggung-jawab secara matang akan membuat Atasan merasa aman bersama kita.

Untuk menjadi seorang Karyawan yang berKARISMA dimata Atasan dan Rekan-kerja, ada 6 hal yang patut kita lakukan :
- Humble
- Komunikatif
- Rapi
- Antusias
- Berwawasan
- Bertanggung jawab

 By. David Schwarts 

Disadur dari  T Irwan Amrun

1 komentar:

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...