Jumat, 22 April 2011

Tips Agar Terhindar Dari Mimpi Buruk


Mimpi yang bersifat serangan atau kejaran, umumnya dialami sekitar 67%-90% dalam hidup seseorang, dan biasanya 92% mimpi tersebut dialami wanita, sedangkan pria sebanyak 85%. Hal ini biasa terjadi pada wanita karena emosi yang kurang baik, seperti sedih, marah atau ketakutan. Dari semuanya, ketakutan adalah faktor yang paling sering menyebabkan mimpi buruk.

dr Irshaad Ebrahim, MD MRCPsych, Neuropsychiatrist in Sleep Disorders di the Constantia Sleep Centre mengungkapkan bahwa setiap orang memiliki 100% kemungkinan mengalami mimpi buruk, paling sedikit sekali seumur hidupnya. Menurut Ebrahim, mengungkapkan frekuensi munculnya sebuah mimpi buruk ternyata dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti usia dan jenis kelamin.

Ebrahim menjelaskan dari penelitian mengenai frekuensi mimpi buruk yang dilakukan terhadap anak-anak, orang dewasa baik wanita atau pria, hasilnya menunjukkan bahwa mimpi buruk lebih sering dialami oleh anak-anak dan juga dari golongan wanita.

Namun, jangan dulu panik. Agar tidur tak dihampiri mimpi buruk ada beberapa tips yang patut dicoba.

Bicaralah
Maksudnya yaitu membicarakan masalah yang kita miliki pada orang lain (teman/keluarga), jangan dipendam sendiri agar tidak menjadi gunung masalah yang dapat meletus dalam mimpi kita.

Berolahragalah
Olahraga/fitness yang teratur karena berolahraga dapat melatih otot-otot jantung dan pernafasan sehingga membuat tidur jauh lebih tenang, bahkan kadang tidak bermimpi, yang merupakan tanda bahwa tidur kita nyenyak.

Santai Sejenak
Pergilah ke tempat-tempat menenangkan seperti tempat spa, taman atau pantai yang dapat membuat tubuh dan pikiran lebih santai dan ringan.

Buat Rutinitas Tidur
Cobalah membuat rutinitas tidur yang baik dan benar. Tidurlah pada waktu yang sama tiap malamnya dan bangun pula pada waktu yang sama tiap paginya. Adanya ritme tidur yang teratur dapat membuat tidur lebih nyenyak dan terhindar dari mimpi buruk.

Hindari Obat/Pil Tidur
Sebaiknya jangan meminum obat/pil tidur untuk memaksakan tidur. Hindari pula meminum kopi atau minuman berkafein sebelum tidur karen dapat membuat gelisah ketika tidur.

Cek Kesehatan
Terkadang mimpi buruk muncul karena adanya efek samping dari pengobatan yang sedang dijalani atau obat-obatan tertentu, jadi cobalah pergi ke dokter untuk mengonfirmasi hal tersebut.

Hindari Alkohol
Mimpi buruk sering terjadi pada seseorang yang sering mengonsumsi alkohol/obat-obat terlarang. Bagi para pecandu sebaiknya berhenti dari sekarang dan carilah seseorang yang dapat membantu.

Sumber : wolipop.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...