Sabtu, 09 April 2011

Bagaimana cara memesan mimpi untuk malam ini?

Mimpi bukanlah sekadar bunga tidur. Ternyata mimpi juga memainkan peran penting dalam mempertahankan kesehatan fisik dan mental.

Para ilmuwan percaya, otak membutuhkan mimpi setiap malam untuk menghentikan kerusakan secara psikologi.

Meskipun pada pagi harinya kita tidak mengingat mimpi kita semalam, namun otak kita sudah sibuk melakukan penyortiran dan dan pengarsipan memori, gambar, dan emosi untuk menjaga segala sesuatunya berjalan dengan baik.

"Mimpi yang jelas adalah saat Anda sadar bahwa Anda sedang di alam mimpi,"
Beberapa orang mengatakan, mereka bisa mengontrol waktu untuk bemimpi melalui proses pemimpian yang jelas. Hal itu menunjukkan ada teknik yang bisa dipelajari. Caranya adalah dengan 'memberi tahu' otak, gambar atau karakter apa yang ingin dilihat sebelum tidur.

"Saya menangani pria muda yang mengalami mimpi buruk tentang rumah yang terbakar habis. Kami memberitahunya untuk menelepon 999 dan membawanya ke pemadam kebakaran dan menyuruhnya memakai helm," ujar Cushway.

"Hal itu memberikan kemampuan baginya untuk bisa memanfaatkan mimpi buruknya. Setelah itu, dia tak lagi takut pada api," imbuhnya.

Arti Mimpi

Mimpi punya banyak arti. Beda kultur ternyata bisa beda juga dalam mengartikan mimpi. Berikut arti mimpi versi Inggris terhadap 5 mimpi yang paling sering dimimpikan:

Mimpi jatuh. Merepresentasikan kegelisahan dan ketidakstabilan. Mimpi jatuh sering terjadi pada saat awal tidur dan biasanya disertai dengan kejang otot di lengan atau kaki.

Gigi tanggal. Menggambarkan ketakutan dan kehilangan kekuasaan. Sebab gigi bukan hanya diperlukan untuk menggigit dan mengunyah, melainkan bagian penting dari penampilan Anda.

Terbang. Bisa diartikan Anda telah menyelesaikan masalah besar dalam hidup.

Mimpi telanjang. Telanjang di depan umum biasanya berarti Anda menyembunyikan sesuatu atau merasa diserang.

Mimpi lari. Dapat diartikan Anda sedang dikejar sesuatu, gelisah, serta mempunyai tekanan di rumah atau tempat kerja.

Seberapa penting Tidur Nyenyak ???

Manusia memerlukan berbagai langkah agar bisa tidur secara sempurna, termasuk fase bermimpi dan tidur nyenyak. Tidur nyenyak sangat penting bagi tubuh karena membiarkan tubuh kita memperbaiki dirinya sendiri.

Bila kita tidak tidur dengan nyenyak, maka berisiko terkena diabetes sebab apabila tidur terganggu maka kemampuan tubuh untuk mengubah gula menjadi energi juga terganggu. Akibatnya risiko diabetes tipe 2 juga meningkat.

Penelitian jangka panjang di AS menemukan, perempuan yang tidur kurang dari 5 jam, 30 persennya lebih berisiko mengalami penambahan berat badan setelah 16 tahun. Orang yang hanya tidur kurang dari 5 jam, 39 persennya lebih berisiko terkena serangan jantung daripada yang tidur 8 jam. Sebab ada perbedaan tekanan darah dan tingkat gula darah.

Asosiasi Jantung Amerika mengingatkan, kurang tidur juga berhubungan dengan hipertensi. Studi di Universitas Kolombia menyatakan, tidur membuat jantung santai dan menurunkan tekanan darah.Rasa sedih ditengarai membuat orang susah tidur. Namun para peneliti belum dapat membuktikan apakah rasa sedih memicu timbulnya masalah tidur.

Tags : detikhot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...