Minggu, 27 Maret 2011

BATIK YOGYAKARTA

Rekor MURI
Batik Yogya Tergolong Paling Banyak Motif dan Warna

Perusahaan batik di Yogyakarta, berhasil memecahkan rekor Museum Rekor Indonesia ( MURI ), yakni  membuat batik dengan motif dan warna terbanyak, yakni 1001 motif dan 501 warna dalam satu kain sepanjang 4 x 1,15 meter.
Sebagai sebuah perusahaan batik di Yogyakarta, Sidiq Manajemen bertekad melestarikan batik sebagai citra ekslusif karya anak negeri. Komitmen tersebut dibuktikan dengan terus berkarya dan melakukan berbagai macam inovasi tanpa meninggalkan ciri khas yang melekat pada batik. Salah satu karyanya yang kini diakui dan baru pertama kali ada di Indonesia adalah batik dengan 1.001 motif dan 501 warna dalam satu kain.
Oleh karena itu, MURI memberikan penghargaan atas pembuatan batik dengan motif dan warna terbanyak dan mencatat dalam rekor MURI pada urutan ke 4799. ”Ini baru pertama kali bagi Museum Rekor Indonesia memberikan penghargaan untuk batik dengan motif dan warna terbanyak dalam satu kain,” kata Manajer MURI Paulus Pangka.
Penyerahan piagam penghargaan dari MURI berlangsung di Hotel Phoenix Yogyakarta, Sabtu ( 26/03/2011 ) dan dihadiri sejumlah pejabat di lingkungan Pemerintah Provinsi DI Yogyakarta serta para pecinta kain batik dari berbagai kota. Pejabat yang hadir di antaranya Kepala Dinas Pariwisata Provinsi DI Yogyakarta Tasbir dan Kepala Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta Yulia Setyaningsih.
Upacara penyerahan disemarakkan dengan peragaan busana yang menampilkan batik 1001 motif kaya warna dalam aplikasi. Sementara itu, Sodikin dari Sidiq Manajemen mengharapkan karyanya ini dapat menjadi inspirasi bagi yang lain dan menjadikan batik sebagai ikon Indonesia. Proses pembuatannya memakan waktu satu tahun, mulai dari proses ide sampai ke pembuatan. ”Yang paling sulit adalah saat melakukan pewarnaan dan membuat batik enak dipandang. Saya dapat mempertanggungjawab bahwa dalam satu kain ini ada 501 macam warna,” kata Sodikin didampingi istrinya.


Sumber : Kompas
Sent Using Telkomsel Mobile Internet Service powered by

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...